Ayat Al-Qur'an

Selasa, 17 April 2012

Evaluasi


EVALUATING

Definisi Evaluating 
 Fungsi evaluating dikenal dengan beberapa istilah antara lain monitoring, appraising, dan correcting.Menurutpengertian bahasa, evaluating berasal dari kata bahasa Inggris “Evaluation” yang berarti penilaian atau penaksiran.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluating adalah aktivitas atau kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematis dan terarah berdasarkan atas tujuan yang jelas. Sedangkan beberapa ahli memiliki pengertian yang berbeda tentang fungsi evaluating antara lain :

Maclcolm dan Provus
What difference is there with an existing standard to find out what the difference”. Pencetus Discrepancy Evaluation ini mendefinisikan evaluating sebagai “perbedaan apa yang ada dengan suatu standar untuk mengetahui apa ada selisih”.

GAO (1992:4)
Evaluating is the process of data collection and analysis systematically required in the framework of decision making.”    Ia mendefinisikan Evaluating adalah proses pengumpulan dan analisis data secara sistematis yang diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan. Evaluating akan menghasilkan umpan balik dalam kerangka efektivitas pelaksanaan kegiatan organisasi.

Department of Health & Human Services
Evaluating adalah proses untuk mengumpulkan informasi. Sebagaimana dengan proses pada umumnya, evaluating harus dapat mendefinisikan komponen-komponen fase dan teknik yang akan dilakukan.

Peter H. Rossi (1993:5)
“Evaluating a systematic assessment of the application of the concept, design, implementation, and benefits of activities and programs of an organization”.    Ia menyebutkan bahwa evaluating merupakan suatu aplikasi penilaian yang sistematis terhadap konsep, desain, implementasi, dan manfaat aktivitas dan program dari suatu organisasi.

Stufflebeam
“Evaluating the activities that have a standard that is Utility (useful and practical), Accuracy (technically correct), feasibility (realistic and rigorous), Proppriety (done in a legal and ethical)”.  Ia menjabarkan Evaluating adalah kegiatan yang mempunyai standart yaitu Utility (bermanfaat dan praktis), Accuracy (secara teknik tepat), Feasibility (realistik dan teliti), Proppriety (dilakukan secara legal dan etik).

Bukan hanya seperti yang dikatakan di atas tentang pengertian evaluating saja, tetapi ada beberapa istilah yang serupa dengan evaluating itu, yang intinya masih mencakup evaluating, yaitu di antaranya:
  • Measurement / pengukuran : diartikan sebagai proses kegiatan untuk menentukan luas atau kuantitas sesuatu untuk mendapatkan informasi atau data berupa skor mengenai prestasi yang telah dicapai anggota organisasi pada periode tertentu dengan menggunakan berbagai teknik dan alat ukur yang relevan.

  • Tes secara harfiah : diartikan suatu alat ukur berupa berbagai pertanyaan atau latihan yang digunakan untuk mengukur kemampuan, tingkah laku, potensi, prestasi sebagai hasil dari pelaksanaan.

  • Assessment adalah suatu proses pengumpulan data dan pengolahan data tersebut menjadi suatu bentuk yang dapat dijelaskan. 

Daftar Pustaka 

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus